Hati tulus dan sederhana


Tidak ada yang istimewa dari Daud, dia hanya seorang gembala domba ayahnya. Sementara saudara-saudaranya berperawakan tinggi dan bagian dari barisan tentara Israel. Bahkan nabi Samuel pun - bisa dikatakan - tak menganggap dia.

Tapi buat Tuhan, Daud sangat istimewa. Tuhan tahu hati Daud sejak semula - Daud mengasihi Tuhan (1 Sam 16:7).

Namun Daud lebih dipakai Tuhan diawali dengan pengurapan yang diterima oleh Daud yang membuat Roh TUHAN berkuasa atas Daud. Dia disebut seorang pahlawan gagah perkasa, prajurit, pandai berbicara, elok perawakannya, dan TUHAN menyertai dia. Banyak yang bisa kita saksikan dari Daud:
  • Daud dikasihi dan disukai oleh raja (1 Sam 16:21-22), Saul mengasihi dia, dan Saul suka pada Daud, sehingga Daud terus menjadi pelayan Saul.
  • Pekerjaan Daud memiliki kuasa (1 Sam 16:23), permainan kecapi Daud dapat mengusir roh jahat pada diri Saul.
  • Daud seorang pemberani dan pembela kebenaran (1 Sam 17:26), Daud tidak tahan ketika Allah dihina oleh musuhnya, dan dia tidak takut untuk melawan, sementara barisan tentara Israel ketakutan pada lawan mereka – Goliat.
  • Daud tidak peduli dengan peralatan dan perkakas dunia, sederhana, apa adanya (1 Sam 17:39), dia tanggalkan baju perang dan senjatanya.
  • Daud sederhana, tapi berkemenangan (1 Sam 17:45-47) karena dia tahu dia datang bersama Allah Maha Tinggi, dan musuh yang raksasa seperti Goliat pun mati dan kalah.

Mugkin sama seperti Daud, tidak ada yang istimewa dari kita. Tapi Tuhan telah memberikan RohNya bagi kita yang telah dipilih Tuhan dan memiliki hati yang mengasihi Tuhan dengan tulus. Hati Daud yang tulus dan sederhana menjadi kediaman bagi Roh Tuhan yang bekerja dan menjadikan daud selalu berhasil dan disukai oleh orang-orang.

Rindu kemenangan? Roh Tuhan jawabannya. Tanpa Roh Tuhan, hidup kita hanya terdiri dari daging, jiwa dan kefanaan. Inginkan Roh Tuhan? Pastikan ada hati yang tulus dan sederhana untuk Roh Kudus bertahta.

Selamat berhati tulus didalam Tuhan. 

Komentar