"Iko, minggu depan mami ama papi mo ke Bali,, kau ikut ya. Kami nyampe disana hari Senin pagi. Naek apa aja yang cepet dr Jakarta"

Kejadiannya hampir 13 tahun yang lalu,,, sekitar Agustusan kayaknya.
Nyokap gw nelp dari Makassar..

Taun 1999, gw tamat SMA dari Makassar pindah ke Jakarta, maksudnya mo kuliah, tapi yang gw coba semuanya failed. Mulai dr UMPTN, STAN, UNPAR, entah apa lagi gw dah lupa..
Stress sih nggak,, cuma emang lagi pengen postpone belajar formal aja..
Ga semangat.. Intinya ga mau kuliah dulu...
Ya jelas aja gw diprotes abis2an ama org rumah, terutama Abang gw.
Tapi gw tetep keukeuh: Ga pengen kuliah (taun ini).
Dan semua orang rumah pun nyerah ama keputusan gw.

Ya itu tadi,, bermaksud menghibur gw, Nyokap ngajakin gw ke Bali betiga doang ama Bokap gw. Ga pake mikir, gw langsung nekat aja mesen tiket ke Surabaya, naek kreta Argo Bromo Anggrek.. Executive Class,, premium banget dah. Pesawat di jaman gini mah masi mahal cuuuy.. Jadi skenarionya, gw dari Jakarta, bonyok dr Makassar ketemu di Bali.
Padahal gw nggak ngerti di Surabaya gw bakal kemana buat bisa nyebrang ke Bali. Dan gw emang clueless, dan ga nanya2 juga. Pokoknya gw berangkat. Ke Bali.

Dari Gambir gw brangkat malam, duduk manis di atas kereta trus di sebelah gw duduk laki2 umur 30anlah..
Orangnya seru, crita sana-sini, mulai dari kerjaan dia, keluarganya, istri ama anaknya, hobi off roadnya dia, bokapnya yang Tentara bintang 2,, cuma gw ga nanya siapa bokapnya (Kayak gw kenal semua jenderal2 gituuu)
Baru ketemu saat itu jg, tapi berasa banget doi humble, asik ngobrolnya,, dewasa.
Trus dia nanya mo kemana, dan segala macam.. Ya gw bilang aja mau ke Bali, tapi nggak ngerti gimana.. Dan gw sih orang yang easy going aja..
Sampe doi crita juga tentang adeknya yang baru meninggal. Keliatan doi sedih gitu critainnya.
Trus doi bilang, "Ikut gw aja dulu, dari Surabaya kita ke Malang, nah dari Malang naek bus langsung Denpasar."

Gokil,, dalam hati gw,, kenal aja baru..
Dia ngajak gw kayak ngajak temen deketnya gitu.
Nah gw kan parno. Ntar gw diapa2in pula.
Tapi gw juga nggak ngerti Surabaya.. Waduh,, bingung deh tuh ya..
Apalagi setelah nyadar kalo keretanya nyampe Surabaya jam 5 subuh...
Jiiiiiaaaaa...
Dia nawarin gitu, nggak gw iyain atau gw tolak.
Sepanjang jalan,, merem melek,, gw was-was,, bingung.
Sambil mikir, berusaha nemuin jawaban tar gw disana gimana..

Pas udah mo deket Pasar Turi Surabaya, doi nanya lagi, "Gimana? Kalo mau, ikut aja dulu.."
Mikiiiiiir,,, ya nggak, ya nggak, ya nggak,
Dan gw cuma pasrah dan bilang OK!

Nekat sih.. Tapi gw gambling aja,, entah doi jahat apa nggak,, entah gw nyampe Bali apa nggak,, yang pasti gw nekat.
Gw ikutin doi, namanya Mas Oki.
Dijemput ama ajudan bokapnya, pake mobil plat tentara, dengan bintang diatas platnya. Dihormatin sana-sini. Nyampe rumahnya gw diservice, disuruh istirahat, gw mandi, beres-beres. Disiapin makan di rumahnya.

Siangan gitu, kita ke Malang, mau liat mobilnya yang lg di bengkel di Malang. Lagi diservice setelah ng-off road. Nyampe Malang kita makan lagi. Sambil crita2 seru, dan ada aja bahan yang diceritain, kayak kita udah kenal dr kecil.. Kayak Abang Adek.
Diajakin jalan2 juga di seputaran Malang.
Dan dia protective abis. Pas di bengkel, waktu dia lg ngurusin mobilnya,, gw keluar, niatnya mo nyari warung, mo beli minum. Eh,, dia panik, nyariin gw naek motor. Padahal gw cuma jalan deket doang.. Gokil...
Belakangan dia crita,, kalo dia inget ama Adeknya..
Ouch..

Sore2, gw dianter ke terminal bus buat ke Denpasar, karna dia juga harus balik ke Surabaya..
Gw dianter sampe diatas bus. Make sure kalo gw baek2 aja..
Okeh.. Terakhir kali tuh gw ketemu dia.. Mas Oki.
Dan besok paginya,, subuh-subuh, gw nyampe Denpasar, naek taxi ke Kuta, nyamperin nyokap bokap gw di hotel.

Entah siapa laki2 bernama Mas Oki, umur 30an, anak Tentara bintang 2, suami dari istrinya,,, bokap dari anaknya,, yang pasti gw ga bakal lupa.
Sebuah kebaikan yang nyadarin gw,, TUHAN itu keren banget.
Kayak satu skenario yang bikin gw tau,, TUHAN itu baek banget.

Dan satu hal yang gw percaya,, gw jalan didalam kebaikan dan kemurahan TUHAN.
Malaikat TUHAN selalu ada disekeliling gw,, ngelindungin gw,, bahkan membawa gw tiap saat menikmati hal2 ajaib yang TUHAN siapin buat gw..

Ini lebih dari sekedar cerita...
Ini kesaksian bukan tentang hebatnya gw..
Tapi tentang TUHAN yang luar biasa buat gw.

Crita selanjutnya,,,
Gw liburan ke Bali,,, dengan sangat puas,, di hotel bintang 4. Muterin Bali seminggu. Balik Jakarta, dan setahun kemudian gw ketrima UMPTN,, nama gw ada di koran. Yihaaaaaaaaa..