WHAT A LIFE!!!!!

Seseorang: Lo SMA dimana?
Gw: Di SMA 3.
S: Oooo... Setia Budi?
G: Bukan. Ujung Pandang.
S: Kalimantan ya?
G: (Geografi lo pasti 5!)

Cuplikan pembicaran dengan entah beberapa orang, yang menyebut Ujung Pandang (sekarang namanya Makassar) ada di Kalimantan.
Padahal Ujung Pandang ada di Karibia.. (Bukaaaan,, Ujung Pandang ada di Sulawesi Selatan).
Gw SMA disana..

Kalo nggak salah gw pernah posting tentang crita pengalaman gw ini deh..
Tapi gw gak bakal pernah bosen critain betapa beruntungnya gw, bisa sekolah pindah-pindah, ikut bokap gw yang kerjaannya emang pindah2.

Dari lahir sampe kls 4 SD gw di Medan.
Masa kecil yang masih cupu banget.
Belom terlalu ngerti apa2..
Selama disana, jadwal (hampir) tiap taunnya adalah ke kampung halaman gw: Tarutung.
Masih inget banget gw kalo kesana, maen di tambak ikan mas yang luas banget.
Maen lumpur, ngubek2 kolamnya.. Dan keesokan harinya,, kan-ikan masnya pada ngambang. Mati. (Salah gw?!? Padahal kan itu emang takdir ikan2 mas itu doang).
Trus mandi di sungai yang batu2annya gede, namanya Aek Sarula di Pahae.
Masi kerekam diingatan gw suasananya..
Perjalanannya menyusuri jalanan sempit, yang pinggirnya tebing dan pinggir satunya lagi jurang,, dengan jalan yang berkelok-kelok tentunya.
Paling sering dibawa jalan ama bokap nyokap gw. Entah itu keliling kota, berkunjung ke rumah sodara, atau keluar kota,, ke Jakarta, Pekan Baru, atau entah kemana..
Inget,, tapi belom terlalu berasa..

Kelar kelas 4 SD gw pindah ke Ambon.
Disini tempat yang paling hits buat gw.
Banyak hal2 yang luar biasa yang gw rasain disini.
Dengan prestasi2 fantastis.
Juara nyanyi,, ngejob nyanyi di depan Gubernur, Walikota, semua acara Natalan, mulai dari acara sekolahan, acara kantor bokap gw, sampe nyanyi kalo ada Menteri atau Kapolri dateng ke Ambon.
Hits banget ya...
Gw bukan cuma juara kelas,, tapi juara 1 di satu sekolahan. Bahkan waktu SD NEM gw tertinggi nomer 3 se-Maluku.
Trus di Ambon gw pernah mewakili propinsi Maluku ke Jakarta, ikut lomba Matematika tingkat Nasional..
Lomba apapun gw pasti ikutan.. Dan selalu menang. Bokap nyokap gw sih biasa aja... Gak pernah maksain anaknya harus kayak apa atau obsesi anaknya harus gmn.. Malah kadang kalo ikutan lomba atau ngisi acara gw cuman ditemenin guru gw.
Seru.
Tapi hits kali ini adalah tentang Ambon yang indahnya luar biasa..
Sekelilingnya pantai-pantai indah.
Hampir tiap minggu kita sekeluarga pasti piknik ke pantai..
Dari rumah nyokap masak,, ajakin tetangga.. Trus seharian di pantai. Naek kole-kole (perahu kecil), nyari bintang laut, makan rujak,,
Dari sini, gw cinta banget ama laut.
SD gw aja di pinggir pantai, yang kalo nyusurin pantainya kita bisa ngeliat lumba-lumba tiap pagi.
Rumah gw diatas bukit, dan pemandangannya langsung ke laut.
Orang-orangnya super baek, super ramah.
Toleransi tinggi. Gw akrab banget ama Guru Agama Islam di sekolah gw.
Dan gw juga kesayangan semua guru.
Guru gw waktu ke Jakarat nginep di rumah gw,, dan gw jg pernah diajak guru gw ke kampungnya doi,, dan disana,, duriannya mantap banget!!!!
Nggak bakalan Ambon kelupa ama gw!!!
Disana banyak orang Batak yg jadi pejabat.
Jadi kita sih aman.
Komandan Koremnya Om gw. Kadit Lantasnya Om gw.
dan GM salah satu perusahaan kayu terbesar di Indonesia jg sodara gw.
Walhasil kalo kita ke pabriknya di Waisarisa yang udah kayak kerajaan kayu,, kita diservice abis2an...
Sayang, gw cuma sampe 2 SMP disana.
4 taun yang luar biasa buat gw.

Selanjutnya bokap dipindahin ke Ujung Pandang yang katanya di Kalimantan itu..
hahahaha...
Disini gw kayak agak2 jetlag sih.
Mungkin karena keilangan suasana..
Plus terintimidasi jadi kaum yang sangat minoritas.
Tapi seiring berjalannya waktu,, sebenarnya gak gitu2 amat kok..
Orangnya baek2..
Kotanya jauh lebih besar dari Ambon.
Jalan2 wisatanya gak terlalu rutin.
Jalannya paling ke air terjun Bantimurung yang terkenal ama habitat kupu-kupunya yang masih alami.
Itupun kalo nggak ama temen2 sekolah ya kalo Abang ama Kakak gw yang kuliah di Jakarta lagi liburan ke rumah.
Atau ke Malino (kayak Puncak gitu). Dingin dan sepi bangeeeet..
Tapi masi kesimpen di ingetan gw,, tiap kesana ngeliat bunga edelweis yang diambil dari Gunung Bawakaraeng.
Indah banget.
Pernah ke pulau di seberang kota.. Pulau Bidadari namanya.
Ada Pantai Losari,, restoran terpanjang didunia.. Karna menghampar di pinggirannya ratusan pedagang gerobak, dari jual pisang epe, nasi goreng dan makanan lainnya..
Ada Pantai Tanjung Bunga..
Yang paling paten adalah gw pernah ke Toraja!!! Tana Toraja.. Katanya sodaraan ama orang Batak. Tapi orang Toraja mah lebih cantik kayaknya,, mukanya gak kotak2 kayak inang2 Batak..
Huehehehehe...
Kete Kesu,, Londah,, Lemme, Mengkendek,, Rantepao,, Makale..
Seruuuuuu... Bareng ama temen2 gw,, kita nginep gratis di rumah temen gw,, kemana aja juga gratis,, temen gw Omnya kerja di Kantor Dinas pariwisata sono soalnya.
Hohohoooo...
Minum ba'llo (tuaknya Toraja), makan babi,, makan kerbo...
Kereeeen..
Disini gw dapet banyak temen2 baek..
Temen yang maen di rumah, sholat di rumah,, belajar bareng,, rusuh bareng..
Cuma sampe lulus SMA.
Sama kayak di Ambon. Disini gw cuma 4 taun.

Selanjutnya taun 1999,, tamat SMA, gw ke Jakarta.
Setaun ga ngapa2in.
Gak lulus UMPTN, gak lulus masuk UNPAR, ga lulus masuk STAN, pokonya ga niat kuliah deh..
Yang ada gw ikut program Penyiar TV Radio di Interstudi.
Cuma keluar masuk mall.
Berasa stuck!

Sampe akhirnya gw lulus UMPTN taun 2000.
Dapetnya UNPAD!!!!
Seneng sih,, tapi niat gw sebenarnya adalah psikologi.
Padahal udah ketrima di Psikologi Atma.
Tapi mendingan gw ambil yang negeri kan..
Uang kuliah satu semesternya aja Rp. 350 rb.
Bayangin...

Kayak mulai hidup baru di Bandung..
Kuliah,, dan (sangat) aktif paduan suara..
Disini hidup bener2 kayak petualangan.
Baik secara harafiah maupun secara implisit.
Dari sini, gw menikmati setiap langkah hidup,, dengan bijak dan kadang tak bijak..
Dengan tingkat galau yang tinggi, sampe ke tingkat seneng luar biasa.
Tentang cinta,, cita,, pertemanan,, kuliah...
Disini pengalaman bertumpuk semakin menumpuk,, bikan gw makin kaya..
Bisa ke Barcelona,, Amsterdam,, Paris..
Walau temen2 gw yang lain udah melalang buana entah kemana2 dengan paduan suara..
Belom lagi jalan2 ngiterin Jawa Barat..
Pengalaman2 gokil..
Nyanyi depan Presiden, Wakil Presiden,,
Bahkan nyanyi di depan seluruh Kepala Negara se Asia Afrika.
Critanya Konferensi Asia Afrika yang dulu diadain di Bandung, perayaan 50 tahunnya diadain di Bandung lagi tahun 2005.
Woooow,,, berasa keren banget.
Didalam ruangan yang nggak terlalu besar, protokoler kenegaraan,, paduan suara Unpad dipilih buat nyanyi.
Gokil banget!!!!!
Ah,, terlalu banyak crita disini..
Terlalu banyak crita di kurun waktu ini.
7 taun gw di Bandung..

Liat,, gw kaya kan..
Tanpa bermaksud membandingkan hidup gw dengan hidup siapapun,, tapi gw berasa hidup yang gw hidupi saat ini adalah hidup terbaik yang pernah ada.
Anugerah.

Karena anugerah nggak cuma tentang jabatan atau prestasi..
Karena kekayaan nggak cuma tentang uang..
Tapi buat gw,, hidup itu tentang Kasih yang terbaik yang TUHAN berikan buat kita..
Semua punya crita masing-masing..
Semua punya perjalanan masing-masing..
Semua punya buku harian yang tak sama dengan orang lain.
Bersyukurlah!!
Hidupi hidup yang ada.
Hidup itu indah...

Komentar