SHBT

Seperti 3 tahapan atau komponen SIKAP dalam ilmu Psikologi, persahabatan juga bukan sulap yang hanya dengan membalikan telapak tangan dapat mengubah bunga mawar jadi kelinci.
  • Kognisi atau kepercayaan. Sebuah tahap pengenalan yang akan menciptakan opini kita terhadap sesuatu. Nih,, misalnya lo kenalan ama seseorang. Lo langsung bersikap (dalam pikiran mungkin), "wah, anaknya cantik, baek ya", "bajunya keren,, brit abis.." Sebuah sikap yang hanya direspon dalam bentuk opini. Sebuah pengenalan.
  • Selanjutnya Afeksi. Nah kalo ini udah ke tahap emosi. Mungkin setelah lo kenalan, lo ngobrol ama temen kenalan lo itu, bertukar informasi, cerita, sampai lo bisa berespon, "anaknya asik diajak ngobrol", anaknya baek banget, ga sombong". Emosi lo udah mulai maen nih disini. Udah maen perasaan.
  • Yang terakhir Konasi. Yang beginian udah tahap paling poool.. Lo udah merespon dengan tingkah laku. Sikap yang lo tunjukan udah sebuah respon tindakan. Lo diajak jalan, lo mau ikutan,, lo diajak makan bareng, lo ikutan.. Begitu sebaliknya.
Begitulah persahabatan...
Yang diperkuat, diperindah, dipermanis dengan sikap dan waktu.
Pasti lo punya cerita masing-masing tentang persahabatan.

Kalo buat gw,, Persahabatan emang lebih banyak tentang hati dan perasaan.
Saat lo bisa diterima apa adanya, dan lo bahagia.
Saat lo ngebela2in sesuatu buat seseorang, tanpa ada alasan yang bisa dijelasin, dan lo rela.
Saat lo bisa cerita hal2 yang tak penting diketahui dunia.
Saat lo bisa cela-celaan tanpa sakit hati.
Saat lo bener2 ga tau malu.
Dan ini bukan sulap.
Tapi sebuah proses bersikap dalam kurun waktu yang dijalani bersama.

Terlalu banyak cerita yang udah dirangkai bersama makhluk2 hebat yang TUHAN berikan buat jadi malaikat-malaikat kebaikan dalam hidup gw..
Gak mungkin gw lupa... Yang ada gw berdoa: Dimanapun kaki lo melangkah, damai sejahtera TUHAN selalu menyertai lo!!!

..........
segenap cinta buat para sahabat



Komentar