KEDEWASAAN

Sebuah isu,, sebuah topik,, sebuah tema yang lagi hangat di hati gw..
KEDEWASAAN.

Hahaha,, gw juga geli dengernya. Tapi beneran, belakangan ini gw dengan cukup intens memikirkan hal yang cukup jarang gw pikirkan...
Nggak ngerti juga kenapa.. Apa karna gw sesaat lagi menjelang suatu 'angka' usia,,
atau emang hal ini (tiba2) menjadi terasa begitu sangat penting buat gw, atau kenapa gw nggak ngerti.

Dalam hidup yang udah gw jalani,, dalam masa yang udah gw lalui;
di titik ini, gw menyimpulkan bahwa kedewasaan itu bukan tentang angka, bukan tentang usia, tapi tentang sikap yang kita pilih dan tanggung jawab kita terhadap sikap itu.
Dewasa itu tentang kita melakukan sesuatu dengan sangat matang, sampai kita tau bagaimana akan mempertanggungjawabkannya, sejam, sehari, sebulan, setahun, atau bahkan untuk kekekalan sekalipun.

Di sebuah persimpangan jalan, tepatnya di pemberhentian lampu merah, sebuah pemandangan menarik tentang kedewasaan didepan mata gw:
Sepasang kupu-kupu, entah dengan motif apa, maen-maen, kejar2an gak jelas di langit diatas aspal panas, dengan kepulan asap dan keramaian kendaraan di siang hari.
Gw berpikir, kalau kupu-kupu ini tak cukup dewasa untuk menjalani ini, mereka pasti tak akan memutuskan diri untuk berspekulasi dengan kehidupan seperti tadi.

Hidup memang tentang keputusan, pilihan.
Dan seberapa dewasa kita untuk,,,,, memilih yang benar, yang tepat dan baik?!?!?!

Komentar